Friday, December 5, 2008

Mengatasi Sindrom Pramenstruasi

Lebih dari 75% perempuan bermasalah dengan sindrom pramenstruasi setiap bulan. Pertambahan umur ternyata juga tidak memperbaiki situasi. Bahkan sering jadi lebih buruk selama masa perimenopause. Kabar baiknya, para ahli kini menemukan cara untuk mengatasinya.

KRAM
Prostaglandin, senyawa inflammatory pemicu sakit membanjiri otot-otot dan jaringan-jaringan lain ketika fluktuasi hormon pramenstruasi mencapai puncaknya.
solusi:
  • Kompres panas
studi - studi menunjukkan, kompres panas dapat mengatasi kram secara efektif seperti ibuprofen. Panas meningkatkan aliran darah ke jaringan-jaringan halus yang lalu membantu menghalau keluar prostaglandin.
tips:
Minum 2.5 gram minyak ikan dan 400IU vitamin E setiap hari dapat mengendalikan sakit pramenstruasi pada 6 dari 10 perempuan. Seperti biasa, sebelum minum suplemen apa pun, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter Anda.

KEMBUNG
Perubahan hormon meningkatkan produksi hormon penimbun air tubuh yang dapat membuat berat badan naik 5 pon atau lebih dalam seminggu.
solusi :
  • Coba penyembuhan bunga
Ekstrak dandelion kaya penyeimbang hormon alamiah yang secara cepat, tapi aman menghalau kelebihan cairan. Dosis yang terbukti dalam studi adalah 250 mg dalam bentuk kapsul atau 20 tetes tincture, 3 kali sehari dengan makanan. Selalu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum minum suplemen apapun.

INGIN MAKAN TERUS
Perubahan estrogen dan progesteron bulanan mengurangi produksi serotonin sampai separuhnya.
Serotonin adalah sejenis hormon pengendali nafsu makan. Akibatnya : rasa ingin makan terus dan merusak diet.
solusi:
  • Makan kentang bakar
Kentang kaya asam amino yang meningkatkan kadar hormon penakluk ingin makan terus. Makan satu setiap hari dan keinginan makan akibat sindrom pramenstruasi akan berkurang. Ditambah berat badan turun 12 pon setahun.
  • Makan lebih sering dalam porsi kecil
Makan 6 kali sehari dalam porsi kecil di minggu yang paling sulit dapat membantu menstabilkan kadar gula darah pramenstruasi sehingga lebih mudah mengendalikan nafsu makan.

PAYUDARA NYERI
Hampir 7 di antara 10 perempuan mengalaminya setiap bulan.
Penyebabnya adalah prostaglandins inflammatory yang berlebihan ditambah dengan kadar hormon penimbun air yang lebih tinggi.
solusi:
  • Dapatkan ekstrak red clover
Dalam sebuah studi, dosis harian dapat mengurangi sakit payudara sampai 44% berkat senyawa tumbuhan seperti estrogen lembut yang membantu melindungi jaringan payudara yang halus dari prostaglandin. Dosis yang terbukti berkhasiat dalam studi adalah 40mg Promensil, obat OTC(dijual bebas) yang digunakan dalam studi.
  • Kurangi Kafein
Studi-studi menunjukkan, mengurangi kafein dapat mengurangi sakit payudara pada 80% perempuan.

MURUNG DAN MUDAH MARAH
Penyebabnya adalah kekurangan serotonin yang dapat memicu mudah marah, lelah, dan depresi bulanan, jelas Pamela Peeke,MD., dalam bukunya Body for Live for Women.
solusi:
  • Bangun dan olahraga
Olahraga sekitar 30 menit 4 kali seminggu membantu 80% penderita sindrom pramenstruasi mengatasi masalah bulanan mereka. Olahraga bekerja paling baik pada sindrom pramenstruasi jika Anda benar-benar melakukannya dengan senang. Jadi, tinggalkan treadmill dan keluar rumah untuk berjalan cepat, bersepeda atau berenang.
  • Dapatkan sinar matahari
Mandi sinar matahari alamiah selama 30 menit menunjukkan mengurangi ketegangan, moody dan mudah marah sampai separuhnya dengan menenangkan reaksi tubuh terhadap perubahan estrogen dan progesteron bulanan, jelas Michael Smolensky, PhD, dalam bukunya The Body Clock Guide to Better Health.

DAPATKAN KECUKUPAN KALSIUM
Riset menunjukkan, mendapatkan paling sedikit 400mg magnesium setiap hari dapat mengurangi simptom PMS sebanyak 90%. Sumber terbaik magnesium antara lain: bayam, biji labu.

No comments:

Rahasia Perut Kecil

Panduan Rahasia Membuat Perut Anda Kecil

Followers