Wednesday, December 10, 2008

KIAT Lebih Cerdas, Lebih Bahagia

RISET menunjukkan, orang-orang genius kreatif dalam sejarah seperti Leonardo da Vinci, Einstein, mempunyai gaya berpikir yang sama. Kabar baiknya, cara berpikir seperti mereka bisa dipelajari. Caranya sebagai berikut:

Kembangkan Imajinasi
Jika dunia menganggap Einstein sebagai salah satu orang terpintar yang pernah hidup di dunia, menurut Einstein sendiri, yang membuatnya beda bukan IQ-nya, tapi kemampuannya untuk membebaskan imajinasinya. Einstein mengatakan, logika membawa kita dari A ke B. Imajinasi membawa kita ke mana saja. Menurut ahli kreativitas Michael Michalko dalam bukunya Cracking Creativity, kunci rahasia menemukan solusi unik adalah membiarkan diri sendiri memvisualisasikan semua kemungkinan.
>> Tips melatih otak
Tuliskan sebuah masalah pada kertas. Rumuskan masalah sespesifik mungkin. Misalnya, bagaimana caranya mendapatkan uang ekstra Rp 10.000.000,00 pada bulan ini. Lalu tuliskan segala sesuatu yang muncul di kepala tanpa berhenti untuk berpikir. Jika kehabisan ide, tulis di kertas "saya kehabisan ide". Teruskan tulis, kesampingkan pikiran sadar dan biarkan imajinasi yang bekerja atau mengambil alih.

Terus Mencoba dan Mencoba
Hal inilah yang dilakukan Thomas Alpha Edison ketika berusaha menemukan lampu pijar yang pertama. Menurut perhitungannya sendiri, ia melakukan beribu-ribu kesalahan sebelum akhirnya menemukan bola lampu yang benar-benar bisa bekerja. Kesalahan ini tidak membuat Thomas putus asa. Menurutnya, kesalahan-kesalahan ini justru membuat dia lebih dekat dengan sukses. Sifat seperti ini dimiliki para ilmuwan sukses. Untuk mencapai kecemerlangan, ilmuwan besar tidak takut gagal.
>>tips:
Kali berikut jika melakukan kesalahan, terima saja, atasi dan pikirkan hikmah positif yang dapat anda pelajari. Anda akan bisa memberi saran cemerlang kepada orang lain berdasarkan kesalahan-kesalahan yang Anda buat.

Minta tolong
Oprah Winfrey yang sukses besar mengatakan, ia sukses karena dalam perjalanan kariernya, ia dibantu orang-orang. Oprah mengatakan, dia sukses karena punya seseorang yang menunjukkan caranya. Menurut John D.Krumboltz, Ph.D. dalam bukunya Luck is No Accident, orang lain punya pengalaman-pengalaman yang tidak kita miliki sehingga mereka membantu kita membuat keputusan yang lebih bijak.
>>Kunci Sukses
Kekuatan mental yang paling hebat adalah kemampuan untuk tahu apa yang kita tidak tahu. Jangan takut untuk mengakui jika tidak menemukan jalan keluar. Ada saat tertentu di mana langkah paling cerdas yang bisa dilakukan adalah minta tolong.

Istirahat
Leonardo da Vinci, seniman terbesar sepanjang masa yang memberi Mona Lisa untuk dunia, tidak bekerja sepanjang waktu dan tanpa bersenang-senang. Ia merasa bisa menciptakan hasil terbaik sesudah istirahat di luar studionya.
Natalie R.Gahrmann dalam buku Succeeding as a Super Busy Parent menjelaskan, istirahat dari apa yang sedang dikerjakan mendatangkan perspektif segar sehingga Anda dapat menemukan solusi untuk masalah yang berlarut-larut. Istirahat juga mengisi ulang energi sehingga kita punya lebih banyak energi dan lebih fokus.
>>Tips:
Istirahat paling sedikit 1 kali 10 menit setiap hari, berkhayal atau pejamkan mata dan tidur siang. Jawaban paling cepat muncul pada pikiran yang rileks.

Tersenyum
Senyum menciptakan kedamaian pikiran, suasana positif di mana kreativitas dimaksimalkan. Pendapat ini mempunyai dukungan ilmiah. Ketika otot wajah diaktifkan untuk membuat senyum, otot mensinyalkan otak untuk bersemangat kendati pun Anda sedang murung atau sedih. Orang-orang optimistik terbukti bisa mengatasi hambatan secara lebih mudah dibanding orang-orang pesimis.
>>Tips:
Luangkan waktu 1 menit untuk tersenyum. Rilekskan wajah, angkat sudut mulut agak naik seperti senyum Monalisa dan terus menerus rasakan mata yang mulai lembut. Sesudah itu, kerutkan dahi dan rasakan perubahan emosional dan energi. Anda pasti merasakan perbedaannya.

No comments:

Rahasia Perut Kecil

Panduan Rahasia Membuat Perut Anda Kecil

Followers