Thursday, December 18, 2008

Makanan yang harus dihindari oleh Ibu Hamil

Saat hamil, makan untuk dua orang bisa berarti banyak. Salah satu di antaranya adalah hindari makanan tertentu yang beresiko untuk kesehatan Anda dan bayi. Sepintas, makanan favorit Anda mungkin tampak aman, tapi jika diperhatikan akan terungkap hal-hal yang berpotensi membahayakan. Berikut, makanan yang harus dihindari ketika hamil dan sebabnya.

Swordfish, ikan hiu, tilefish, king mackerel, batasi ikan tuna albacore kalengan
Ikan besar ini mengandung methylmercury dalam jumlah yang lebih tinggi. Logam berbahaya ini dapat merusak sistem saraf dan otak bayi yang sedang tumbuh. Ibu hamil dan menyusui ASI harus membatasi makan ikan tuna albacore kalengan sampai 6 ons perminggu sebagai bagian dari 12 ons seafood rendah merkuri. Antara lain terdiri dari salmon, udang, pollock dan catfish.

Ikan yang ditangkap di sungai, danau, atau perairan lainnya
Ikan pancingan rekreasional kemungkinan tercemar bakteri atau zat kimia.

Daging sapi, unggas, seafood, telur mentah atau setengah matang
Contohnya kerang mentah, sushi. Termasuk telur dalam adonan kue kering dan cake. Makanan dari hewan yang tidak dimasak hingga matang dapat mengandung berbagai jenis bakteri dan virus. Gunakan termometer daging untuk menentukan tingkat kematangan daging dan unggas. Masak telur sampai tidak tampak cairan.

Hot dog dan luncheon meats
Antara lain ham, turkey, bologna dan salami kecuali jika dipanaskan ulang sampai panas mengepul. Makanan-makanan ini rentan terhadap Listeria monocytogenes, sejenis bakteri penyebab listeriosis yang bisa mengakibatkan keguguran, bayi meninggal dalam kandungan, atau masalah-masalah kesehatan serius lainnya.

Produk susu yang tidak dipasteurisasi
Antara lain susu dan keju tertentu seperti seafood asap yang didinginkan dikulkas seperti salmon, trout, whitefish, cod, tuna atau mackerel (sering dilabeli dengan nova style, lox, kippred, smoked, atau jerky). Makanan-makanan ini dapat mengandung bakteri listeria dalam kadar berbahaya. Seafood asap (smoked) aman jika merupakan campuran atau bagian dari masakan yang dimasak matang.

Jus yang tidak dipasteurisasi
Produk ini rentan terhadap kuman, antara lain E.coli. Periksa label untuk memastikan jus dipasteurisasikan.

Kecambah mentah
Antara lain alfalfa, clover, radish dan taoge mentah, dapat mengandung kuman yang berbahaya untuk ibu hamil.

Suplemen herbal dan teh herbal
Penelitian produk ini belum memadai sehingga tidak disarankan untuk ibu hamil.

Alkohol
Bir, wine dan spirit merampas oksigen dari sel-sel yang sedang berkembang sehingga tidak memungkinkan perkembangan normal. Efek alkohol pada otak tak bisa diperbaiki. Tak ada batas aman konsumsi alkohol untuk ibu hamil.

Makanan-makanan tertentu yang dapat menyebabkan alergi makanan
Berdasarkan riwayat keluarga, anak Anda kemungkinan beresiko mengembangkan alergi makanan. Makanan yang harus dihindari terdiri dari : kacang tanah dan produk kacang tanah selama hamil dan menyusui ASI. Menghindari makanan ini dapat menurunkan resiko alergi anak yang rentan. Konsultasikan dengan ahli kesehatan tentang resiko alergi anak Anda dan konsultasikan dengan ahli gizi yang berpengetahuan tentang alergi makanan.

1 comment:

Farahbun said...

jiaahhh,, ini mah hampir semua gak boleh dimakan? abis makan apaan dong? makan nasi putih sama kecap aja? hohoho,,

kalo alkohol mah, gak hamil juga saya gak mao,,,

thanks infonya btw,,,

Rahasia Perut Kecil

Panduan Rahasia Membuat Perut Anda Kecil

Followers