Monday, December 8, 2008

Mencegah PILEK dan FLU

Untuk mencegah pilek dan flu, maksimalkan pertahanan tubuh dengan langkah-langkah berikut:

Tidur panjang di akhir pekan
Tubuh menggunakan waktu kita tidur pulas untuk menimbun sel-sel darah putih pembasmi infeksi. Tak heran jika studi-studi menunjukkan, kurang tidur membuat risiko terserang pilek dan flu meningkat dua kali lipat. Mendapatkan kecukupan tidur dapat membantu membangun ketahanan sistem imun, jelas Jacob Teitelbaum, MD., dalam buku From Fatigue to Fantastic!. Menurut riset di Carnegie Mellon University, Pittsburgh, hanya dengan mendapatkan tidur malam penuh 2 kali seminggu dapat menurunkan risiko sakit sampai 80%.

Makan udang
Riset Eropa menunjukkan, menambahkan 2 saji masing-masing 6 ons udang, kepiting atau rajungan, lobster atau shellfish (hewan laut yang tidak punya tulang belakang tapi punya kulit) lainnya ke dalam diet mingguan dan Anda akan menurunkan waktu pilek atau bahkan flu sampai 42% atau lebih. Setiap saji 6 ons shellfish mengandung 55mcg selenium dan lebih dari 28mg zinc, nutrien penting penguat imunitas yang sering tidak terdapat dalam diet tergesa-gesa masa kini.

Makan jamur
Tambahkan jamur pada pizza, salad, omelet, sup, stew. Studi-studi menunjukkan, sayuran rendah kalori, bebas lemak ini mengandung senyawa-senyawa antiviral yang dapat menguatkan sistem imun. Riset terkini menunjukkan, hanya makan 2/3 cup setiap hari membuat kemampuan mencegah kuman pilek dan flu meningkat dua kali lipat.

Minum Multivitamin

Anda hanya perlu waktu 2 detik untuk minum multivitamin dan risiko infeksi turun 76%, membantu Anda menghindari 17 hari sakit setiap tahun. Yang diperlukan hanya multivitamin kualitas baik setiap hari.

Olahraga teratur dan terukur

Jadwalkan olahraga paling sedikit 30 menit sehari, 4 kali seminggu. Olahraga menstimulir pelepasan hormon pertumbuhan, messenger kimia ampuh yang meningkatkan fungsi protektif sel-sel darah putih sampai 55%. Ditambah dengan meningkatkan produksi antibodi pembunuh kuman sampai 2 kali lipat.
Tak punya waktu untuk olahraga.
Pecah waktu olahraga Anda menjadi 10 menit di sana sini. Cara ini seperti mengaktifkan lemari obat internal Anda.
Tips:
-Jangan lakukan secara berlebihan. Orang yang membuat dirinya kelelahan akibat olahraga 6 kali seminggu berkemungkinan lebih besar mengembangkan infeksi saluran pernapasan atas dibanding yang olahraga sedang.

Menulis Jurnal
Studi-studi dari University of Texas dan lembaga-lembaga lainnya menunjukkan, menulis jurnal selama 20 menit sehari dapat mengurangi jumlah waktu sakit sampai 50% atau lebih. Menulis sangat menenangkan, langsung meningkatkan produksi immunoglobulin A yang melindungi membran mucous tubuh dari infeksi.

Makan sehat untuk sehat
Mengkonsumsi 2 atau lebih makanan kaya nutrien berikut dapat membantu mencegah pilek dan flu. Terdiri dari :
-Bawang putih
-Bawang bombay
-Jahe
-Labu kuning
-Almond
-Tomat
-Brazil nut
-Paprika merah
-Ubi jalar
-Jeruk.

No comments:

Rahasia Perut Kecil

Panduan Rahasia Membuat Perut Anda Kecil

Followers